Assalammualaikum

Hey kawan,, join yee c:

Monday, July 1, 2013

TUGAS MAKALAH KEWIRAUSAHAAN



MAKALAH KEWIRAUSAHAAN


“BAKSO BINTANG”




Disusun oleh                 :

Nama                   : M. Lugy Lantogi
Kelas                    : 2DA01
NPM                     : 44211901



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya makalah ini dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Makalah ini disusun agar pembaca dapat lebih memahami tentang kewirausahaan.Maka;ah ini disusun dengan banyaknya hambatan dan rintangan. Namun dengan penuh kesabaran, usaha dan terutama pertolongan dari Allah SWT akhirnya makalah ini dapat terselesaikan.
Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat dalam penyusunan makalah ini. Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun untuk menyempurnakan makalah ini.  



Jakarta, 24 Juni 2013


M.Lugy Lantogi





 
DAFTAR ISI


Kata Pengantar …………………..…………………………………………….......………
2

Daftar Isi ………………………......………………………………………….......……….
3

BAB I.  PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah ..............……………..……………………….................................... 4
Tujuan …………………..…….…………………............……………………….......…....…
4

BAB II . ISI
Sejarah Singkat ………………….............…………………………………….......…
….....….5 
Keunggulan Produk ………………………………………………………………………........5
Analisis 9 aspek ……………
………………………………………………….......….....… 6
Analisis keberhasilan ………
..…..……………………………………………….......….......… 7
BAB III. PENUTUP
Kesimpulan …….................…….…….…………………………………….......…………......
9
Saran ……………............…………….………………………………………….......…....…
10


BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG MASALAH
Di era global sekarang ini keadaan ekonomi di Indonesia memang sangat memprihatinkan , namun kita tidak boleh menyerah pada keadaan sekarang ini yang serba sulit kita harus berusaha,kreatif,inovatif dan berani mengambil suatu keputusan serta resiko untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.kita tidak harus bergantung pada orang lain.Untuk mendapatkan suatu pekerjaan kita harus berusaha semaksimal mungkin.
Salah satu usaha yang dilakukan untuk mengurangi pengangguran yaitu dengan berwira usaha.Dengan kita berwira usaha kita bisa belajar mandiri dan bisa memaknai arti penting kehidupan secara tidak langsung kita sudah membantu banyak orang. Bisnis adalah sebuah pembelajaran, dimana dibutuhkan analisa yang sangat dalam tentang prospek dan kelayakan dalam usaha itu. Oleh karena itu, bisnis itu harus dimulai sejak dini sehingga kita memiliki banyak waktu untuk dapat berpikir dan mengolah otak demi kesuksesan usaha tersebut.

B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut :

a.       Sebagai contoh inspiratif dalam memulai suatu usaha baru
b.      Mengembangkan jiwa berwirausaha bagi generasi muda terutama mahasiswa
c.       Untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan


BAB II
ISI

A.    Sejarah Singkat

Bang Djaja biasa dipanggil akrab oleh konsumennya. Ia salah satu wirausaha dalam bidang kuliner khususnya bakso yang cukup sukses di wilayah tempat tinggalnya disekitar daerah cilandak.. Bang Djaja memulai usaha bakso sejak 5 tahun yang lalu, bermodal dari gerobak kecil yang sederhana , ia memulai kerja kerasnya.
Bang Djaja membuat baksonya dengan tangannya sendiri, di tambah dengan bumbu racikannya ,bakso Bang Djaja laris dan diminati warga setempat. Dulu Bang Djaja hanya menjual bakso biasa dan bentuknya juga biasa, seiring waktu dengan kreatifitas , usaha, support dari keluarganya ia mulai merubah usahanya.
Kini ia berhasil membuat inovasi baru “Bakso Bintang” . Mungkin awalnya terdengar asing , tapi sekarang bakso bintang sudah banyak dikenal, bahkan banyak wirausaha yang menggunakan nama bakso bintang ini. Bakso Bintang dibuat dari bahan baku seperti layaknya bakso biasa, tetapi diinovasi dengan bentuk unik untuk menarik minat konsumen.
Selain bentuk yang unik seperti bintang ini, ada inovasi baru lagi yaitu bakso isi keju. Cita rasa yang disajikan pun memang lezat dan enak. Dulu dari gerobak kecil kini Bang Djaja mulai mengembangkan usahanya dengan membuat warung bakso. Diharapkan usaha ini dapat terus berkembang dan maju.


B.     Keunggulan Produk
a.       Cita rasa yang lezat
b.      Sehat dan bergizi
c.       Bentuk yang unik dan kreatif
d.      Variasi isi bakso yang baru
e.       Pelayanan yang baik




C.     Analisis 9 aspek

1.      Peluang Usaha Baru
Usaha ini menciptakan kerja usaha baru dengan produk yang kreatif dan inovatif,  sebagai contoh ia menjual bakso biasa dengan inovasi dan kratifitasnya bakso ini dibentuk unik berbentuk bintang dan isi keju.

2.      Pembiayaan
Modal yang dikeluarkan Bang Djaja awalnya dari hasil tabungan pribadinya, dan tambahan hasil pinjaman dari orang-orang terdekatnya maka usaha baksonya pun berhasil dimulai.

3.      Pemasaran
Strategi pemasaran yang digunakan terdiri dari :
a.       Produk
Produk yang diproduksi dibuat sendiri dan memiliki berbagai macam variasi bentuk dan rasa produknya.

b.      Price
Harga dari berbagai produk yang ditawarkan relatif terjangkau sekitar Rp.10.000,- / porsi harga yang standar.

c.       Place
Cara pendistribusian produknya bisa dibeli ditempat langsung dan membuka delivery order/ pesan antar.

d.      Promotion
Saat ini proses promosi yang dilakukan masih dari mulut ke mulut, dan penyebaran brosur.


4.      Kepemilikan
Dari segi kepemilikan usaha ini masih dikuasai oleh pemilik dari Bakso Bintang sendiri yaitu Bang Djaja, dan usaha ini masih baru sehingga belum berani membuka cabang yang lebih besar.

5.      SDM
Dulu Bang Djaja hanya seorang diri untuk menjual baksonya, sekarang ia memiliki 2 orang karyawan untuk membantunya.

6.      Organisasi
Bakso Bintang  tidak memiliki struktur organisasi yang lengkap dalam usaha nya. Hanya memiliki 1 orang pemilik dan 2 orang karyawan.

7.      Kepemimpinan
Sifat kepemimpinan dari Bang Djaja itu ia sangat demokrasi dan tidak otoriter terhadap karyawannya bahkan ia masih turun tangan untuk membantu membuat baksonya sendiri.

8.      Evaluasi Usaha
Hasil dari usaha ini cukup menjanjikan karena selain banyaknya peminat bakso ditambah dengan inovasi terbaru bakso, usaha ini akan berkembang kedepannya.

9.      Pengembangan Usaha
Untuk pengembangan usaha, pemilik akan menambah berbagai variasi bentuk lain dan rasa baru bakso nya.



D.    Analisis Keberhasilan
Dari hasil wawancara dengan beliau dapat disimpulkan sebagai berikut :

1.      Kebutuhan Pokok
a.       Sandang
Kebutuhan sandang / pakaian Bang Djaja dan keluarga sangat berkecukupan dan masih terlihat sederhana dan apa adanya.

b.      Pangan
Untuk kebutuhan pangan juga terbilang berkecukupan dan tidak macam-macam. Asalkan sehat dan bergizi .

c.       Papan
Dulu sebelum usahanya maju, Bang Djaja masih mengontrak rumah ,sekarang walaupun sederhana tapi ia memiliki rumah sendiri dari hasil usahanya itu.

d.      Kesehatan
Untuk kesehatan beliau dan keluarganya tidak memakai jasa asuransi apapun.

e.       Pendidikan
Pendidikan terakhir pemilik Bang Djaja pemilik usaha Bakso Bintang ini adalah hanya tamat SMA ,tetapi dengan kemampuan, kegigihan dan tekad yang kuat ia mampu menjadi salah satu wirausaha yang sukses.

2.      Hutang Vs Kartu Kredit
Untuk memulai usahanya ini pemilik memperoleh modal dari tabungannya dan pinjaman orang/ hutang tapi setelah usahanya sukses hutang itu sudah dilunasinya.


3.      Manfaat untuk orang lain
Usaha ini jelas memberikan manfaat untuk orang lain , salah satunya dengan membuka lapangan pekerjaan baru untuk orang-orang yang butuh pekerjaan dan mengembangkan kemampuan wirausahanya.

4.      Gaya Hidup
Gaya hidup Bang Djaja jauh dari kemewahan, ia hidup sederhana, ramah terhadap siapapun dan mau berbagi pengalaman kesuksesan untuk orang lain.


BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Dimana ada kemauan, usaha, kerja keras dan berfikir maju maka segala kesulitan akan menjadi kemudahan. Terbukti dengan kisah dari Bang Djaja yang dulunya susah payah membuka usaha, sampai meminjam uang untuk modal usahanya, kini ia mampu membuktikan ia mampu menjadi wirausaha yang sukses.
Hidup sulit dan sangat sederhana tidak mematahkan semangatnya untuk berusaha, sampai ia menjadi suksespun ia tetap menjadi Bang Djaja yang ramah dan bersahaja. Dari gerobak kecil sampai menjadi warung yang cukup besar ia rai dengan kerja keras. Berusaha memuaskan konsumennya dan tak henti pula ia berkreasi untuk mengembangkan usahanya.

B. SARAN
Saya mengaharapkan adanya kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini. Semoga sedikit cerita sukses dari Bang Djaja ini mampu membuka pikiran kita semua untuk memulai berwirausaha. Terima kasih untuk Bang Djaja yang sudah bersedia menjadi narasumber dan tokoh inspiratif kita. Ditunggu inovasi dan kreasi baru baksonya yaa J


No comments:

Post a Comment